Representasi Feminisme dalam Iklan Televisi (Analisis Semiotika dalam "Iklan Lipstik Wardah Versi “Color Your Life”)

Main Author: Ariani, Dini
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12712/1/DINI%20ARIANI-Representasi%20Feminisme%20dalam%20Iklan%20Televisi%20.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12712/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Makna di balik pesan yang disampaikan dalam iklan Lipstik Wardah Versi “Color Your Life”, yaitu perempuan dalam iklan ini ditonjolkan sebagai perempuan yang telah melawan konformitas gender tradisional, yaitu perempuan yang tidak hanya bisa berkiprah di ranah domestik namun dapat melakukan aktivitas ataupun pekerjaan di ranah publik yang bersifat maskulin atau umumnya hanya dilakukan oleh laki-laki yaitu bekerja sebagai Barista di kedai kopi dan melakukan olahraga tinju, namun mereka tetap memperlihatkan sisi feminitasnya sebagi seorang wanita yaitu dengan menggunakan lipstik yang merupakan kebutuhan bagi sebagian wanita, karena antara sifat maskulinitas dan feminitas bukanlah sebuah kodrat dari Tuhan melainkan sebagai hasil konstruksi sosial yang terbentuk melalui proses serta dapat berubah seiring berjalannya waktu, sedangkan yang merupakan kodrat adalah jenis kelamin atau sesuatu yang melekat pada laki-laki atau perempuan yang tidak dapat dipertukarkan, 2) Representasi feminisme dalam iklan Lipstik Wardah Versi “Color Your Life” tidak lepas dari ideologi dominan yaitu feminisme liberal dan feminisme Islam yang direpresentasikan melalui perempuan dalam tayangan iklan tersebut.