Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menginternalisasikan Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Peserta Didik di Madrasah Aliyah Kota Manado

Main Author: Rahman, Mohamad S
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12626/1/Muhammad%20S%20Rahman.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12626/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menyatakan bahwa realitas kompetensi guru mata pelajaran agama Islam di Madrasah Aliyah Kota Manado, khususnya yang terkait dengan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesionalnya belum mampu diterapkan secara maksimal. Hal tersebut terlihat dari kemampuannya dalam menyusun silabus dan RPP masih sering meng-copy paste dari teman-teman sejawatnya. Selain itu, dalam menggunakan media pembelajaran, khususnya yang terkait dengan teknologi informasi, pada umumnya mereka belum mampu mengoperasikan dan mengaplikasikannya dengan baik. Adapun gambaran nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik di Madrasah Aliyah Kota Manado, apabila ditinjau dari aspek kedisiplinannya dalam mengikuti kegiatan di madrasah, kesopanan dalam bertutur kata, dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas yang diamanahkan kepadanya, pada umumnya sudah mampu diterapkan dengan baik, namun jika dilihat dari aspek sikap kepedulian sosialnya terhadap peserta didik, masih perlu dilakukan pembinaan secara intens karena masih banyak ditemukan peserta didik yang memiliki tingkat kepedulian sosial yang rendah. Hal tersebut terlihat ketika ada temannya yang sakit, masih sering ditemukan peserta didik yang bersifat acuh terhadap temannya tersebut. Upaya guru mata pelajaran agama Islam dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam pada peserta didik di Madrasah Aliyah Kota Manadoadalah melakukan kerja sama antara warga masyarakat dengan warga madrasah, mengadakan pengajian bulanan, mengadakan latihan pengembangan bakat, membudayakan salat berjamaah dan salat sunat duha serta kultum setiap selesai salat berjamaah