Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Biologi Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar

Main Author: Irawansyah, Rianto
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12466/1/Pengaruh%20Penggunaan%20Media%20Pembelajaran%20%20Berbasis%20%20Videoscribe%20terhadap%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20dalam%20Mata%20Pelajaran%20Biologi%20Kelas%20XI%20SMA%20Negeri%208%20Makassar.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12466/
Daftar Isi:
  • Dalam penelitian ini penulis menggunakan pre-eksperimental design dengan bentuk one- group pretest – postest design. Sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA3 SMA N 8 Makassar yang terdiri dari 30 siswa. Instrument penelitian yang penulis gunakan dalam memperoleh data yaitu; instrumen tes, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan infrensial. Melalui metode dan analisis data tersebut, maka diperoleh hasil belajar siswa kelas XI IPA3 SMA N 8 Makassar sebelum diajar menggunakn media pembelajaran berbasis videoscribe berada pada kategori sangat rendah 60% dengan rata-rata 33,67 dan hasil belajar siswa kelas XI IPA3 SMA N 8 Makassar setelah diajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis videoscribes berada pada kategori tinggi yaitu 80% dengan rata-rata 76,17. Pada penelitian ini didapatkan nilai t hitung = 25,2 pada taraf signifikansi 5%: tt = 1,699. Dengan demikian thitung jauh lebih besar daripada ttabel ; yaitu: 25,2 > 1,699. Ini berarti penggunaan media pembelajaran berbasis videoscribe berpengaruh dalam meningkatkankan hasil belajar siswa kelas XI SMA N 8 Makassar.