Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan Islam dengan Pengintegrasian Nilai-nilai Pendidikan lslam dalam Budaya Bima pada Taman Pendidikan al-Qur'an (TPQ) di Kecamatan Sape Kabupaten Bima
Main Author: | Munir, Abdul |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12237/1/Abdul%20Munir.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12237/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukan trahwa: l) Kebutuhan bahan ajar pada TPQ di Kecamatan Sape meliputi ketersediaan, fuagsi. komponen, prinsip-prinsip, dan kegrafikan dengan mengguuakan pendekatan kontekstual dalam pembelajarannya. Kebutuhan materi bahan ajar pendidikan Islam meliputi enam aspek yaitu: Aspek Kejujru'an, Aspek Malu dan Takut, Aspek Alanr, Aspek Sosial Aspek Amanah, dan Aspek Kepemimpinan. Pada muatan materi nilai-nilai Budaya Rima meliputi Aspek maja' labo dahu, Aspek Ngaha aina Ngoho, Aspek Edesi ndai Swa dou Labo Dana, Aspek suu sa wau Twdu sa wale, Aspek nggahi rawi pahu; patza Aspek Renta ba Rer4 Ka Poda aa Ade, Karawi ba weki, Aspek Ka fapa Taho Sama Tewe Sama Lemba. Pada aspek-aspek nilai-nilai Budaya Bima dengar kategori s*rgat dibutuhkan. 2) Bahan ajar dikembangkan dengan mengikuti desain struktur fisik dan msngacu pada prinsip-prinsip yang teiah ditetapkan, seperti: a) Relevansi b) Konsistensi, c) kepraktisan. 3) Ef'ektifitas bahzur ajar pendidikan Islam dengan pengintegrasian nilai-nilai pendidikan lslam dalam budaya Bima dinyatakan telah ef'ektif dan dapat digunakan rintuk pembelajaran masa yang akan datang. 4) Respon masyarakat dan pemerintah terhadap penerapan pendidikan Isiam dengan integiasi nilai-nilai budaya bersifat positif yaitu: mengapresiasi, mendorong, antusias,- dan menjadikan program utama pemerintah l(ecarnatao Sape l{.abupaten Bima.