Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multy Reprecentation (DMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Guppi Samata Kabupaten Gowa
Main Author: | Nurfaisah, Nurfaisah |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12213/1/Efektivitas%20Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Diskursus%20Multy%20Reprecentation%20%28DMR%29%20terhadap%20kemampuan%20Pemecahan%20Masalah%20Matematika%20Siswa%20Kelas%20VIII%20SMP%20Guppi%20Samata%20Kab.%20Gowa.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12213/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada kelas yang tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe DMR diperoleh rata-rata dari nilai pretest ke postest meningkat dari 44,35 menjadi 47,12, (2) kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik pada kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe DMR diperoleh rata-rata dari nilai pretest ke postest meningkat dari 53 menjadi 82,4, (3) terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe DMR dengan kelas yang tanpa menerapkan model pembelajarankooperatif tipe DMR kelas VIII SMP Guppi Samata Kabupaten Gowa, (4) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe DMR efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas VIII SMP Guppi Samata Kabupaten Gowa.