Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Giving Question and Getting Answer Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa
Main Author: | Syam, Mutmainnah |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12192/1/Efektivitas%20Penerapan%20Strategi%20Pembelajaran%20Aktif%20Teknik%20Giving%20Question%20and%20Getting%20Answer%20terhadap%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20Kelas%20VIII%20SMP%20Negeri%204%20Sungguminasa%20Kab.%20Gowa.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12192/ |
Daftar Isi:
- Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kedua kelompok tersebut, yaitu kelas kontrol (pretest) sebesar 51,48 dan posttest sebesar 68,34 sedangkan pada kelas eksperimen sebelum perlakuan (pretest) sebesar 51,96 dan setelah perlakuan (posttest) sebesar 75,74. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai sign sebesar 0,004 yang lebih kecil dari pada (alfa/) sebesar 0,05 (sign.< alfa) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Giving Question and Getting Answer dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Giving Question and Getting Answer pada siswa kelas VIII SMP Negeri Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Giving Question and Getting Answer efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial dengan menggunakan rumus efisiensi relatif diperoleh nilai R < 1 (0,91 < 1).