Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau dari Pengetahuan Awal Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa
Main Author: | Rani, Rasna |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12188/1/RASNA%20RANI.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12188/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa di kelas eksperimen yaitu 58,06% untuk hasil pretest berada pada kategori rendah sedangkan 83,83% hasil posttest berada pada kategori sangat tinggi, 2) Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa di kelas kontrol yaitu 67,65% untuk hasil pretest berada pada kategori rendah sedangkan 64,71% hasil posttest berada pada kategori tinggi, 3) Pengetahuan awal siswa kelas VII SMP Ngeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa di kelas eksperimen yaitu 51,61% berada pada kategori sedang, 4) Pengetahuan awal siswa kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa di kelas kontrol yaitu 76,47% berada pada kategori sedang, 5) Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diterapkan model pembelajaran reciprocal teaching dan siswa yang diterapkan model pembelajaran konvensional di kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa, 6) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa ditinjau dari pengetahuan awal siswa di kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa dan 7) Tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran reciprocal teaching ditinjau dari pengetahuan awal siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di kelas VII SMP Negeri 3 Sungguminasa Kabupaten Gowa.