Pengaruh Penerapan Teori Pembelajaran Gagne Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PAI di SMA Somba Opu Kab. Gowa

Main Author: H, Rahmiyanti
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12165/1/RAHMIYANTI%20H.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12165/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti nilai rata-rata hasil belajar pada soal post-test dengan penerapan teori pembelajaran Gagne lebih tinggi dari pada soal pre-test tanpa penerapan teori pembelajaran Gagne. Ini berarti teori pembelajaran Gagne mampu mengubah kondisi peserta didik dalam pembelajaran. Hasil belajar peserta didik yang tidak menggunakan teori pembelajaran Gagne pada saat pembelajaran PAI memberikan gambaran hasil belajar dengan rata-rata 46,82 berada pada kategori rendah dengan presentase sebesar 54,50%. Sedangkan, hasil belajar peserta didik yang menggunakan teori pembelajaran Gagne dalam pembelajaran PAI memberikan gambaran hasil belajar dengan rata-rata 77,27 berada pada kategori tinggi dengan presentase sebesar 63,63%. Nilai thitung dengan nilai thitung sebesar 19,778 dan nilai kritis t tabel ≥ t tabel. = 1,72.