Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Dosen terhadap Metakognisi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Main Author: Mukarromah, Luluul
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12163/1/LULUUL%20MUKARROMAH.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12163/
Daftar Isi:
  • Melalui analisis data, diperoleh kesimpulan, bahwa: 1) kompetensi pedagogik dosen berkategori sedang, 2) kompetensi profesional dosen berkategori sedang, 3) metakognisi mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam berkategori sedang, 4) kompetensi pedagogik dosen berpengaruh positif dengan kontribusi 64.4% terhadap metakognisi mahasiswa sisanya sebesar 35.4% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti media dan sumber belajar, 5) kompetensi profesional dosen berpengaruh positif dengan berkontribusi 61.2% terhadap metakognisi mahasiswa sisanya sebesar 38.8% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti lingkungan dan motivasi belajar, 6) kompetensi pedagogik dan profesional dosen secara bersama-sama berpengaruh positif dengan kontribusi sebesar 76% terhadap metakognisi mahasiswa, dan sisanya sebesar 24% dipengaruhi oleh faktor lain, seperti keterampilan mengajar dan minat belajar.