Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidrap

Main Author: Anggari, A.S. Anggung
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12153/1/Efektivitas%20Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20STAD%20terhadap%20Kemampuan%20Pemecahan%20Masalah%20Matematika%20Peserta%20Didik%20Kelas%20XI%20SMA%20Negeri%202%20Panca%20Rijang%20Kab.%20Sidrap.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12153/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas yang tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu pada saat pretest 80,769% peserta didik berada pada kategori rendah dan pada saat posttest 73,0769% peserta didik berada pada kategori sedang. (2) Gambaran kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yaitu pada saat pretest 91,66% peserta didik berada pada kategori rendah dan pada saat posttest 54,16% peserta didik berada pada kategori sangat tinggi, (3) Terdapat perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan kelas yang tanpa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas XI SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidrap, dan (4) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Panca Rijang Kabupaten Sidrap.