Perbandingan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Two Stay Two Stray, dan Numbered Heads Together pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Pallangga
Main Author: | Syamsuarni, Ira |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12098/1/Perbandingan%20Hasil%20Belajar%20Matematika%20Melalui%20Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Think%20Pair%20Share%2C%20Two%20Stay%20Two%20Stray%2C%20dan%20Numbered%20Heads%20Together%20pada%20Siswa%20Kelas%20VII%20SMPN%201%20Pallangga.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12098/ |
Daftar Isi:
- Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa: (1) rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 36,13% pada kelas eksperimen1 dan berdasarkan pengkategorisasian meningkat pada kategori sedang rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 36,13% pada kategori sedang, (2) rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen2 mengalami peningkatan sebesar 36,95% pada kategori tinggi, dan (3) rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen3 mengalami peningkatan sebesar 35,87% pada kategori tinggi. Hasil analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaaan hasil belajar matematika siswamelalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS, TSTS, dan NHT. Dan berdasarkan uji lanjut diperoleh bahwa: (1) hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TPS tidak memiliki perbedaan yang signifkan dengan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TSTS dengan mean difference hanya 0,406, (2) hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TPS berbedaan secara signifkan dengan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran NHT dengan mean difference sebesar 8,406, (3) hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TSTS berbedaan secara signifkan dengan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran NHT dengan mean difference sebesar 8,000. Dengan kata lain bahwa hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TPS sama dengan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TSTS, hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TPS lebih meningkat dibandingkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran NHpT. Sedangkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TSTS lebih meningkat dibandingkan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran NHT.