Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Kelas XI di SMAN 5 Soppeng
Main Author: | Nur, Marhamah N |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12089/1/Efektivitas%20Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Jigsaw%20terhadap%20Kecerdasan%20Interpersonal%20Peserta%20Didik%20Kelas%20XI%20di%20SMAN%205%20Soppeng.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12089/ |
Daftar Isi:
- Nilai rata-rata kelas yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu 83 sedangkan nilai rata-rata kelas yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran konvensional yaitu 79. Kategorisasi kecerdasan interpersonal peserta didik yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yaitu 2 peserta didik berada pada kategori rendah (9,09%), 15 peserta didik berada pada kategori sedang (68,18%), dan 5 peserta didik beradaberada pada kategori tinggi (22,73%). Kategorisasi kecerdasan interpersonal peserta didik yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran konvensional yaitu 3 peserta didik berada pada kategori rendah (13,04%), 17 peserta didik berada pada kategori sedang (73,91%), dan 3 peserta didik berada berada pada kategori tinggi (13,04%). Pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample t Test, menunjukkan bahwa