Gambaran Pengukuran Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard di RS Islam Faisal Kota Makassar Tahun 2017

Main Author: Arfiah, Wihda
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12061/1/WIHDA%20ARFIAH%2070200113019-.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12061/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian yaitu pada perspektif pelanggan hanya indikator akuisisi pelanggan yang menunjukkan hasil kurang baik dimana mengalami penurunan sebesar 4,64%. Pada perspektif keuangan indikator ROI mengalami penurunan sebesar 18,96% dan Rasio Efektivitas mengalami penurunan sebesar 59,6%, kedua indikator dikatakan kurang baik. Pada perspektif Bisnis Internal dari segi mutu pelayanan rasio BOR dan ALOS dikatakan kurang baik. Pada perspektif Pembelajaran dan Pertumbuhansudah sangat baik dimana semua indikator sesuai standar. Keempat perspektif Balanced Scorecard sangat berpengaruh terhadap kinerja Rumah Sakit. Untuk menghasilkan kinerja yang baik pihak rumah sakit perlu meningkatkan promosi dan kualitas mutu pelayanan untuk meningkatkan akuisisi pelanggan. Dengan meningkatnya akuisisi pelanggan maka pendapatan rumah sakit juga akan meningkat.