Pengaruh Penggunaan Internet terhadap Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri 1 Kelara Kab. Jeneponto

Main Author: Hasnawati, Sri
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1204/1/SRI%20HASNAWATI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1204/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan internet serta motivasi belajar pada siswa dalam Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri 1 Kelara, sekaligus untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan internet terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran fisika SMA Negeri 1 Kelara kab. Jeneponto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Jurusan IPA yang masih aktif dalam pembelajaran pada angkatan 2013 dan 2014. Adapun teknik dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik proporsional sampling, stratifted sampling dengan mengambil sampel secara acak berdasarkan tingkat angkatannya dimana pengambilan jumlah anggota sampel dari 350 populasi yang ada diperoleh sampel sebanyak 72 siswa SMA Negeri 1 Kelara. Jenis penelitian ini tergolong ex post facto dengan menggunakan angket skala likert sebagai alat ukur pada skala 35-75 untuk angket penggunaan internet dan skala 51-74 untuk angket motivasi belajar yang dibagikan kepada seluruh siswa SMA Negeri 1 kelara yang masih aktip dalam pembelajaran pada semua angkatan. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil pengolahan data angket diperoleh nilai rata-rata penggunaan internet dan motivasi belajar masing-masing sebesar 59,83; dan 62,83. Melalui analisis inferensial maka diperoleh data signifikansi yang menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh penggunaan internet terhadap motivasi belajar siswa dengan thitung 0,61 ≤ tTabel 1,75. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi bagi sekolah untuk senantiasa memperhatikan dan mengontrol penggunaan internet siswa dalam upaya peningkatan motivasi belajar pada siswa.