Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran TADIR (Translation, Analysis, Design, Implementation, Review) dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Islam dan PBL (Problem Based Learning) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar
Main Author: | Sariana, Wahida |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12026/1/SKRIPSI%20WAHIDA%20SARIANA.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/12026/ |
Daftar Isi:
- Jenis penelitian ini adalah quasi experimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Wahdah Islamiyah yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 145 siswa sedangkan sampelnya adalah 58 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, dimana kelas yang menjadi sampel adalah kelas VII B1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VII B2 sebagai kelas eksperimen 2. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang berupa tes essay dengan jumlah 5 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran TADIR dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam tergolong tinggi, sedangkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menerapkan model pembelajaran PBL tergolong sedang. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penerapan model TADIR dengan mengintegrasikan nilai-nilai Islam dengan model pembelajaran PBL pada siswa kelas VII SMP IT Wahdah Islamiyah.