Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik dengan Menggunakan Metode SEM (Structural Equation Modeling) pada Kelas XI Matematika Ilmu Alam (MIA) SMA Negeri se-Kecamatan Bolo Kabupaten Bima

Main Author: Sukarman, Sukarman
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11818/1/SUKARMAN.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11818/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu rata-rata peserta didik memiliki motivasi dan hasil belajar pada kategori tinggi. Analisis inferensial menunjukkan terdapat pengaruh yang sigifinikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukkan melalui pengujian hipotesis bahwa nilai-t muatan faktornya (loading factor) dari model struktural lebih besar dari kriteria yang ditetapkan (nilai-thasil= 2.76> nila-t kriteria= 1.96) yang berarti Ho ditolak dengan nilai pengaruh sebesar 11% . Kecocokkan model pengaruh model pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar fisika peserta didik merupakan model yang baik (fit) berdasarkan hasil uji kecocokan. Uji kecocokan keseluruhan model didasarkan pada nilai RMSEA sebesar 0.058 (p-value= 0.28) dan nilai GFI (goodness fit indeces) sebesar 0.92 yang menunjukan kecocokan yang baik. Uji kecocokan model pengukuran dinilai dari validitas dan reliabilitas model pengukuran yang menunjukan kecocokan yang baik dan ukuran kecocokkan model struktural juga berada pada kategori yang baik.