Efektivitas Metode Pembelajaran Student Team Achievements Division (STAD) Dipadukan Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap Kecakapan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 9 Gowa

Main Author: Jaya, Melati Wulandari Suman
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11806/1/MELATI%20WULANDARI%20SUMAN%20JAYA.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11806/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan sosial dan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan pokok bahasan gelombang bunyi, diperoleh nilai rata-rata kecakapan sosial dengan kategori sangat baik sebesar 53,13 dan hasil belajar dalam kategori baik sebesar 68,67, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata kecakapan sosial dalam kategori baik sebesar 44,53 dan hasil belajar dalam kategori cukup sebesar 56,67. Metode pembelajaran STAD dipadukan SFAE efektif terhadap kecakapan sosial dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA 5 SMAN 9 Gowa, hal ini berdasarkan data perhitungan menggunakan uji t-2 sampel independen sehingga diperoleh nilai hitung = 3,82 dengan t tabel = 2,05 untuk kecakapan sosial dan t hitung = 2,22 dengan t tabel = 2,05 untuk hasil belajar. Karena nilai t hitung > t tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya metode pembelajaran STAD dipadukan SFAE efektif terhadap kecakapan sosial dan hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 9 Gowa.