Identifikasi Kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi teori kinetik gas dengan menggunakan Certainty of Response Index (CRI) pada Siswa Kelas XI SMAN 12 Makassar
Main Author: | Hufaini, Andi Muh. Fahri |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11797/1/Identifikasi%20Kemampuan%20Pemahaman%20Konsep%20Siswa%20pada%20Materi%20Kinetik%20Gas%20dengan%20Menggunakan%20Certainty%20of%20Reponse%20Index%20%28CRI%29%20pada%20Siswa%20Kelas%20XI%20SMAN%2012%20Makassar.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11797/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pemahaman konsep siswa terhadap materi teori kinetik gas pada siswa kle as XI SMA Negeri 12 Makassar masih dalam kategori rendah , hal ini ditunjukkan dari hasil persentase pemahaman konsep siswa sebesar 32,59 % . Analisis selanjutnya didapatkan bahwa tidak paham konsep sebesar 25,02% dan miskonsepsi sebesar 41,92%.(2) Pemahaman konsep siswa tiap indikator pemahaman konsep translasi, interpretasi dan ekstrapolasi dalam kategori rendah dan sangat rendah. Pada kategori sedang yaitu indikator translasi dan interpretasi dengan persentase sebesar 38,85% dan 36,22% sedangkan pada kategori sangat rendah yaitu indikator ekstrapolasi dengan persentase sebesar 16,94%. Metode CRI ini bisa digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu agar diadakan penelitian lebih lanjut sebagai pengembangan dari penelitian lain yaitu menggali faktor- faktor yang menyebabkan siswa kurang memahamai materi tersebut.