Pengaruh Strategi Peer Lesson Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X MA Abnaul Amir Moncobalang

Main Author: Zam zam, Sitti
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1177/1/Sitti%20Zam%20zam.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/1177/
Daftar Isi:
  • Hasil analisis data deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen yang diajar menggunakan strategi peer lesson sebesar 70,33 sedangkan untuk kelas kontrol yang tidak diajar menggunakan strategi peer lesson sebesar 62,4. Berdasarkan statistik inferensial dapat dilihat pada analisis uji hipotesis diperoleh thitung = 1,76, sedangkan nilai ttabel = 2,05. Karena nilai thitung < ttabel maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan Strategi peer lesson dengan siswa yang tidak diajar dengan strategi peer lesson pada kelas X MA Abnaul Amir Moncobalang. Implikasi dari penelitian ini adalah (1) Sebaiknya memadukan strategi peer lesson dengan media atau strategi lain yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (2) Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan perbandingan dan rujukan, khususnya yang ingin melakukan penelitian yang serupa.