Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Teknik Pertanyaan Menuntun Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas XI SMA NEGERI 5 Enrekang

Main Author: Andhiny, Rizki
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11648/1/Efektivitas%20Model%20Pembelajaran%20Problem%20Based%20Learning%20%28PBL%29%20dengan%20Teknik%20Pertanyaan%20Menuntun%20Terhadap%20Pemahaman%20Konsep%20Fisika%20Siswa%20Kelas%20XI%20SMA%20Negeri%205%20Enrekang.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11648/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian deskriptif menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman konsep fisika siswa yang diajar dengan metode problem based learning (PBL)dengan teknik pertanyaan menuntun sebesar 86,97 dan yang diajar menggunakan model konvensional sebesar 71,4. Di mana frekuensi tertinggi yang diperoleh peserta didik pada dua kelas tersebut berada pada kategori sedang. Selanjutnya, berdasarkan hasil analisis statistik yang menunjukkan bahwa Z hitung yang diperoleh sebesar 6,654 dan Z tabel sebesar 1,96, sehingga Z hitung > Z tabel. Hal ini menunjukkan bahwa ”Terdapat perbedaan pemahaman konsep fisika yang signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL) dengan teknik pertanyaan menuntun dan siswa yang diajar dengan model Konvensional pada kelas XI SMA Negeri 5 Enrekang”.