Studi Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) dengan Tipe TGT (Team Games Tournament) terhadap Hasil Belajar Matematika Berdasarkan Waktu Belajar Siswa Kelas VIII MTs Negeri Balang–Balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa

Main Author: Nurhikmah, Nurhikmah
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11642/1/NURHIKMAH%2020700112097.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11642/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata dari keempat kelompok yaitu kelas eksperimen pagi memiliki nilai rata-rata pretest sebesar 51,73 dan post test 87,83 kategori tinggi dengan peningkatan sebesar 36,1, kelas eksperimen siang memiliki rata-rata pretest diperoleh 48,3 dan rata-rata posttest sebesar 80,42 kategori tinggi dengan peningkatan sebesar 32,12, kelas kontrol pagi memiliki rata-rata pre test diperoleh 52,67 dan rata-rata posttest sebesar 82,3 kategori tinggi dengan peningkatan sebesar 29,63 dan kelas kontrol siang memiliki rata-rata pretest diperoleh 47 dan rata-rata posttest sebesar 82,056 kategori tinggi dengan peningkatan sebesar 35,056. Sedangkan berdasarkan hasil analisis inferensial diperoleh sign < α (0,002 < 0,05) maka H0 diterima ditolak dan H1 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik aripada model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan dilihat dari waktu belajar.