Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Madani Alauddin Papao Kabupaten Gowa
Main Author: | Saprin, Muhammad Wafiq |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11622/1/Pengaruh%20Penerapan%20Strategi%20Pembelajaran%20Inkuiri%20terhadap%20Peningkatan%20Hasil%20Belajar%20Peserta%20Didik%20di%20Ma%20Madani%20Alauddin%20Paopao%20Kabupaten%20Gowa.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11622/ |
Daftar Isi:
- Melalui analisis data, diperoleh kesimpulan, yaitu 1) persentase rerata penerapan strategi pembelajaran inkuiri sebesar 76.30855% > 75%, berarti penerapan strategi pembelajaran inkuiri di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa dinyatakan positif, 2) persentase rerata hasil belajar peserta didik sebesar 80.4867% > 75%, berarti hasil belajar peserta didik di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa dinyatakan positif, 3) uji regresi sederhana menghasilkan persamaan regresi sebesar Ý = 0.0308902 + 1.077006 (99) = 0.0308902 + 106.6236 =106.6545, berarti nilai hasil belajar peserta didik diperkirakan menjadi 106.6545 bila nilai penerapan strategi pembelajaran inkuiri dinaikkan menjadi 99 atau untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik sebesar 1, maka nilai rerata penerapan strategi pembelajaran inkuiri harus dinaikkan sebesar (99 : 106.6545) = 0.928231. Artinya, penerapan strategi pembelajaran inkuiri efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di MA Madani Alauddin Paopao Kabupaten Gowa karena nilai yang diperoleh lebih besar dari nilai yang dikeluarkan (1 > 0.928231).