Pengaruh Model Pembelajaran Synectics, Mind Maps, Cooperative Learning (SM2CL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA Mata Pelajaran Biologi
Main Author: | Taufik, Muhammad Sultani |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11600/1/Pengaruh%20Model%20Pembelajaran%20Synectics%2C%20Mind%20Maps%2C%20Cooperstive%20Learning%20%28SM2CL%29%20Terhadap%20Kemampuan%20Berpikir%20Kritis%20Siswa%20Kelas%20XI%20IPA%20Mata%20Pelajaran%20Biologi.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11600/ |
Daftar Isi:
- Hasil penelitian ini mengacu pada statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan analisis data statistik deskriptif hasil post-tes kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 87,92 dan 84,5 untuk nilai rata-rata skala sikap berpikir kritis siswa. Sedangkan nilai post-tes kemampuan berpikir kritis kelas kontrol diperoleh rata-rata 69,61 dan 69,7 untuk nilai rata-rata sikap berpikir kritis siswa. Adapun hasil analisis statistik inferensial dengan uji Paired-Sampel T Tes menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen diperoleh t = 47,448 dan t tabel = 1,714. Dalam hal ini t hit > t tabel, maka Ha diterima dan Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran SM2CL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA MIA1 yang diberikan perlakuan model pembelajaran SM2CL pada mata pelajaran biologi di MA Madani Alauddin Pao-pao Kabupaten Gowa. Dengan demikian, diharapkan melalui model SM2CL ini dapat memandu siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikirnya, khususnya berpikir kritis. Seorang pemikir kritis akan lebih mudah memecahkan masalah dan bijak dalam mengambil keputusan.