Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Pokok Bahasan Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar Kelas IX SMP/MT

Main Author: Rusdyamin, Andi
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11546/1/Pengembangan%20Bahan%20Ajar%20Matematika%20Berbasis%20Penemuan%20Terbimbing%20pada%20Pokok%20Bahasan%20Bilangan%20Berpangkat%20dan%20Akar%20Kelas%20IX%20SMP.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11546/
Daftar Isi:
  • Berdasarkan hasil pengembangan bahan ajar diperoleh bahan ajar yang valid, praktis, dan efektif. (1) Valid, Hasil validasi dari para ahli menyatakan bahwa nilai rata-rata aspek bahan ajar barbasis penemuan terbimbing pada materi bilangan berpangkat dan bentuk akar adalah 4,5. Hal ini berarti bahwa hasil penilaian dari kedua validator “valid” (2) Praktis, berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan modul, produk penelitian dikatakan praktis dengan rata-rata persentase 84,92% dengan rata-rata keseluruhan adalah 1,86 (masuk dalam kategori terlaksana seluruhnya). (3) Efektif, karena telah memenuhi 3 kriteria yang menjadi acuan yaitu tes hasil belajar, aktivitas siswa dan angket respon siswa, dimana hasil dari tes hasil belajar adalah sebanyak (32) siswa mendapat skor di atas KKM dengan nilai KKM adalah 75. Rata-rata skor siswa adalah 86,5. Berdasarkan hasil tes hasil belajar diketahui bahwa persentase ketuntasan belajar klasikal untuk SMP Negeri 1 Sungguminasa sebesar (100%). Hasil pengamatan aktivitas siswa menunjukkan bahwa semua aspek sudah berada pada rentang baik. Sesuai hasil persentase dari 15 item pada angket respon siswa, hasil analisis diperoleh 96,67% siswa memberikan respon positif terhadap modul yang dikembangkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa lebih dari 50% siswa yang memberikan respon positif.