Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar
Main Author: | Sulfayani, Andi Nur |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11545/1/Perbandingan%20Model%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Jigsaw%20dan%20Student%20Teams%20Achievement%20Divisions%20%28STAID%29%20Terhadap%20Hasil%20Belajar%20Matematika%20Siswa%20Kelas%20X%20SMA%20Negeri%201%20Bontomatene%20Kabupaten%20Kepulauan%20Selayar.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11545/ |
Daftar Isi:
- Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkat dari hasil pretest 60,68 menjadi 74,11 pada posttest dan untuk tipe student teams achievement divisions juga mengalami peningkatan dari pretest 60,00 menjadi 69,94 pada posttest. Selanjutnya, hasil analisis inferensial menggunakan SPSS menunjukkan hasil perhitungan nilai sig = 0,178 lebih besar dari α = 0,05 (0,178 > 0,05) yang berarti H0bditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antar model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan student teams achievement divisions terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontomatene Kabupaten Kepulauan Selayar.