Implementasi Gemar Mengaji dalam Pembinaan Baca Tulis al-Qur’an Perspektif Pendidikan Islam di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng

Main Author: Satturi, Satturi
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11282/1/TESIS%20SATTURI.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11282/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, gambaran implementasi gemar mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng sangat lancar dan guru-guru mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng telah berperan aktif dalam mengajarkan al-Qur’an dan mengembangkan beberapa metode termasuk motode latihan gemar mengaji meliputi peningkatan mutu dan memberikan bimbingan secara efektif sehingga peserta didik dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki, dan menciptakan lingkungan di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng yang religius. Kedua, kemampuan membaca alQur’an peserta didik pada pelaksanaan gemar mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng yang berisikan kegiatan-kegiatan bersifat operasional yaitu; tindakan dan pembelajaran yang sistematis, target yang akan dicapai atau diingini oleh pemerintah dan masyarakat, dan kegiatan mengaji yang digambarkan untuk menanamkan nilai-nilai Qur’ani untuk mencapai tujuan. Ketiga, kendala-kendala dan solusi yang dihadapi dalam implementasi pembelajaran al-Qur’an pada gemar Mengaji di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng dalam upaya pembinaan baca tulis al-Qur’an yaitu; pertama sikap acuh orang tua terhadap anaknya dalam memotivasi membaca dan menulis al-Qur’an serta pengaruh teknologi (HP) sangat cepat dan keikutsertaan orang tua dalam pembinan baca tulis al-Qur’an sangat minim. Adapun solusi dalam mengatasi kendala-kendala yang dihadapi yaitu; sikap orang tua dalam memberikan motivasi, pengaruh teknologi HP dibatasi, melakukan bimbingan secara intensif, memberikan tugas tambahan peserta didik, serta meningkatkan insentif guru mengaji dan meningkatkan pelatihan bagi guru-guru mengaji.