Strategi Kampanye Public Relations dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Melakukan Donor Darah pada Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar

Main Author: Ratnawati, Ratnawati
Format: Report NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11004/1/RATNAWATI-STRATEGI%20KAMPANYE%20PUBLIC%20RELATIONS%20DALAM%20MENINGKATKAN.pdf
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/11004/
Daftar Isi:
  • Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kampanye yang diterapkan oleh Public relations PMI Kota Makassar dalam meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan donor darah yaitu: (1)Strategi publikasi (strategy of publicity), yakni melakukan penyebaran pesan atau informasi melalui proses publikasi, melalui kerjasama dengan berbagai media, baik media cetak, media elektronik dan media sosial. (2)Strategi mempengaruhi (strategy of persuation) yakni melakukan strategi dengan membujuk atau mempengaruhi masyarakat melalui teknik sugesti untuk mengubah pola pikir masyarakat dan sadar akan pentingnya berdonor darah. Strategi ini dilakukan dengan cara tatap muka secara langsung. Faktor yang menjadi penghambat dalam melaksanakan strategi kampanye Public relations yaitu pendanaan, untuk membuat sebuah kegiatan atau event pastinya dibutuhkan dana dalam pelaksanaannya, bisa dibilang bahwa dana merupakan hal yang sangat penting dalam pelaksanaan kegiatan. Dan sulitnya meyakinkan masyarakat, masyarakat Makassar belum bisa menjadikan donor darah sebagai life style.