Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran CORE (Connecting, Organizing, Reflecting, Extending) dengan Pendekatan Keterampilan Metakognitif terhadap Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 7 Alla Kabupaten Enrekang
Main Author: | Ilham, Ilham |
---|---|
Format: | Report NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repositori.uin-alauddin.ac.id/10833/1/Efektivitas%20Penerapan%20Model%20Pembelajaran%20Core%20%28Connecting%2C%20Organizing%2C%20Reflecting%2C%20Extending%29%20dengan%20Pendekatan%20Keterampilan%20Metakognitif%20terhadap%20Kemampuan%20Penalaran%20Matematis%20Siswa%20Kelas%20VIII%20SMPN%207%20Alla%20Kabupaten%20Enrekang.pdf http://repositori.uin-alauddin.ac.id/10833/ |
Daftar Isi:
- erdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh rata-rata nilai kedua kelompok tersebut, yaitu kelas kontrol untuk kemampuan penalaran (pretest) sebesar 46,5 dan posttest sebesar 75,57 dan untuk kemampuan koneksi (pretest) sebesar 51,73 dan posttest sebesar 75,03 sedangkan pada kelas eksperimen untuk kemampuan penalaran sebelum perlakuan (pretest) sebesar 59,9 dan setelah perlakuan (posttest) sebesar 80,43 dan untuk kemampuan koneksi sebelum perlakuan (pretest) sebesar 60,43 dan setelah perlakuan (posttest) sebesar 80,57. Sedangkan berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai t hitung kemampuan penalaran 3,03 dan nilai t hitung kemampuan koneksi 3,57 dengan t tabel = 1,67 (t hitung > t tabel) dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata kemampuan penalaran dan kemampuan koneksi matematis antara kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran CORE melalui pendekatan keterampilan metakognitif dengan kelas yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran CORE melalui pendekatan keterampilan metakognitif pada peserta didik kelas VIII SMPN 7 Alla Kabupaten Enrekang. Model pembelajaran CORE dengan pendekatan keterampilan metakognitif efektif terhadap kemampuan penalaran dan kemampuan koneksi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 7 Alla Kabupaten Enrekang yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial dengan menggunakan rumus efisiensi relatif diperoleh nilai R < 1 (0,94 < 1) dan (0,86<1).