Pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa

Main Author: Sri Utami
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Parung, Tahun Ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Randomized Post-test Only Control Group Design, yang melibatkan 68 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data setelah perlakuan dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang diajar dengan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped lebih tinggi dari pada siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom tipe peer instruction flipped berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik siswa.