Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Hukum Gravitasi Newton
Main Author: | Nabila Zulfa |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multimedia interaktif berbasis problem based learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep hukum gravitasi Newton. Penelitian ini dilakukan dari tanggal 26 Agustus sampai 16 September di MAN 3 Ciamis. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group. Nonequivalent control group adalah desain penelitian yang melibatkan dua kelas yang tidak dipilih secara random, kedua kelas tersebut merupakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling terdiri dari X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Sampel di kedua kelas tersebut memiliki jumlah yang sama, yaitu 30 siswa, sehingga total sampel adalah 60 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji statistik Mann Whitney dan Barlett memberikan hasil Sig. (2-tailed) < taraf signifikansi. Hasil ini menunjukkan bahwa secara signifikan, pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis problem based learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Sementara, hasil N-Gain menunjukkan kelas eksperimen mengalami peningkatan yang lebih unggul dibandingkan kelas kontrol. Selain itu, hasil angket respon siswa terkait penggunaan multimedia interaktif berbasis problem based learning pada pembelajaran mendapat kategori baik (80%).