Internasionalisasi pendidikan di Indonesia

Main Author: Abdul Syukur
Format: Masters
Terbitan: Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Kesimpulan besar dari penelitian ini adalah bahwa orientasi yang komprehensif diperlukan untuk mengangkat suatu sistem pendidikan ke level global, di mana sistem pendidikan tidak lagi hanya bersifat academic oriented, akan tetapi juga berorientasi pada pengembangan kompetensi interkultural dan softskill dengan penekanan yang seimbang. Secara faktual, praktek dari sistem pendidikan yang bersifat academic oriented ini dapat dilihat pada pengembangan konsep Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional yang dijalankan pemerintah. Tesis ini membuktikan ketidak-benaran kesimpulan Commeyras dan Mazile, dalam tulisannya Imagine life in another country on another continent (2001), yang menyatakan bahwa internasionalisasi mengacaukan kegiatan pembelajaran dan menjadi ancaman bagi perbedaan budaya. Tesis ini juga mengkritisi pandangan Bonal dan Rambla dalam Captured by the Totally Pedagogised Society (2003), bahwa internasionalisasi adalah sebuah sistem yang kompleks dari hubungan kekuasaan dan pengawasan yang menambah, menjaga, dan mengesahkan pengajaran, dalam bentuk distribusi kesadaran, identitas, dan hasratnya sendiri.Sebaliknya, tesis ini menguatkan pendapat Jane Knight dalam An Internationalization Model (2001) bahwa internasionalisasi adalah sebuah proses integrasi dimensi internasional, interkultural dan global, ke dalam tujuan, fungsi, dan layanan pendidikan. Pandangan ini mendorong seluruh pihak terkait dengan pendidikan untuk berorientasi pada multi kompetensi secara menyeluruh dan seimbang. Tesis ini juga menguatkan pandangan Frischman dalam Teachers, Globalization, and Hope (2001) bahwa siswa harus siap berhadapan dengan tantangan pekerjaan yang fleksibel dan kreatif. Hal ini mendorong siswa untuk dapat mengembangkan kemampuan dasarnya, yaitu watak yang dapat secara terus-menerus diajar dan dilatih. Dengan kata lain, siswa harus memiliki softskill yang memadai. Sumber data tesis ini adalah seluruh literatur yang terkait dengan internasionalisasi pendidikan dan temuan hasil observasi dan penelitian mengenai implementasi program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI). Konsep Internasionalisasi pendidikan dan konsep RSBI dielaborasi untuk mendapatkan esesnsi masing-masing, lalu elemen-elemen Internasionalisasi dan RSBI itu diklasifikasikan untuk dicari keterkaitan dan titik temu antar keduanya. Setelah itu konsep internasionalisasi pendidikan dijadikan tolok ukur dalam mengevaluasi konsep RSBI.