Penggunaan metode catu (cari, tulis-kembali, uji) dalam keterampilan membaca pemahaman cerita fantasi pada siswa kelas VII MTs Athfalul Haq, Ciseeng, Bogor tahun pelajaran 2019/2020
Main Author: | Mia Patmala |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penggunaan metode CATU (Cari, Tulis-Kembali, Uji) dalam keterampilan membaca pemahaman cerita fantasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII MTs Athfalul Haq Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan cara mengumpulkan data yaitu mempelajari, menganalisis, menafsirkan, dan menarik kesimpulan dari masalah yang diteliti. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII yang berjumlah 27 orang. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa praktik membaca dengan menggunakan metode CATU (Cari, Tulis-Kembali, Uji) dari teks cerita fantasi yang telah dipilih. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penggunaan metode membaca tersebut dapat mengembangkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik menjadi lebih baik. Nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik sebelum menggunakan metode CATU (Cari, Tulis-Kembali, Uji) yaitu 70 sedangkan setelah menggunakan metode CATU (Cari, Tulis-Kembali, Uji) yaitu 83,1. Artinya, 27 peserta didik di kelas VII mengalami peningkatan nilai rata-rata setelah menggunakan metode CATU (Cari, Tulis-Kembali, Uji).