Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap keterampilan Generik Sains Siswa Pada Materi Hidrolisis Garam

Main Author: Fitri Ramadhiani
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)terhadap keterampilan generik sains siswa pada materi hidrolisis garam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design, dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel diambil secara purposive sampling dan dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes uraian sebanyak 10 butir soal yang kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil uji-t diperoleh data bahwa thitung ttabelatau 9,368 1,69 pada taraf signifikansi 5%, nilai thitung terletak pada daerah tolak H0 dan terima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran PBLterhadap keterampilan generik sains siswa.