Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Critical Incident Terhadap Hasil Belajar IPS (Ekonomi) Siswa. (Kuasi Eksperimen di Kelas VIII-A MTs Ruhul Bayan Cisauk)

Main Author: Siti Nurfauziah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif critical incident terhadap hasil belajar siswa IPS (ekonomi) siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Ruhul Bayan Cisauk. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Ruhul Bayan Cisauk Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari tiga kelas, teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A yang terdiri 32 orang yakni 15 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan adalah tes baik pretest maupun posttest, observasi dan wawancara. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan dengan derajat kebebasan 70, diperoleh thitung = 10,98 dan ttabel = 1,66. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung ≥ ttabel (10,98 ≥ 1,66). Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan strategi pembelajaran aktif critical incident terhadap hasil belajar IPS (ekonomi) siswa kelas VIII-A MTs Ruhul Bayan Cisauk.