Penggunaan media pembelajaran berbasis information and communication technology (ict) dalam pembelajaran menulis karangan persuasi siswa kelas viii 5 mts al-atiqiyah tahun pelajaran 2019/2020

Main Author: Dinita Ayu Novela
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui gambaran tentang proses penggunaan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam pembelajaran menulis karangan persuasi siswa kelas VIII 5 di MTs Al-Atiqiyah tahun pelajaran 2019/2020; 2) Untuk mengetahui hasil belajar dari penggunaan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) dalam pembelajaran menulis karangan persuasi siswa kelas VIII 5 di MTs Al-Atiqiyah tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari beberapa hal, diantaranya observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Aspek yang dinilai dalam menulis karangan persuasi berdasarkan tema tertentu yaitu kualitas isi karangan, kelengkapan dan kesesuaian struktur karangan, organisasi isi, ketepatan diksi, serta ejaan dan tata tulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII 5 di MTs Al-Atiqiyah mendapatkan nilai rata-rata secara umum, yaitu pada kategori baik (75-84). Hal ini dapat dilihat dari hasil penelitian dalam analisis data siswa. Hasilnya terdapat enam siswa atau 22% memperoleh nilai pada kategori baik sekali (85-100), dua puluh siswa atau 74% memperoleh nilai pada kategori baik (75-84), satu siswa atau 3,7% memperoleh nilai pada kategori kurang (56-74), dan tidak ada siswa yang memperoleh nilai pada kategori sangat kurang (10-55). Dengan demikian dapat dibuktikan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Information and Communication Technology (ICT) mampu menghasilkan nilai yang tergolong baik dalam pembelajaran menulis karangan persuasi siswa kelas VIII 5 MTs AlAtiqiyah Tahun Pelajaran 2019/2020.