Pengaruh Blended Learning Berbantuan Google Classroom terhadap Hasil Belajar Fisika SMA pada Konsep Gerak Lurus
Main Author: | Suci pratiwi Agustin |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Blended Learning berbantuan Google Classroom terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep gerak lurus. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Tangerang Selatan pada bulan September sampai Oktober 2018. Sampel diambil secara purposive sampling yang terdiri dari kelas X IPA1 (Kelas Eksperimen) dan kelas X IPA 2 (Kelas kontrol). Jumlah siswa kedua kelas sama yaitu 30 siswa, total sampel 60 siswa. Hasil uji hipotesis terhadap hasil data Posttest menggunakan uji independent t-test pada α = 0.05 diperoleh nilai sig. (2 tailed) sebesar 0.000 dengan kesimpulan H0 ditolak dan H1 diterima. Pembelajaran Blended Learning berbantuan Google Classroom berperngaruh terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen meningkat lebih tinggi (N-gain 0.56 katergori sedang) dibandingkan dengan siswa kelas kontrol (N-gain 0.35 kategori sedang). Hasil belajar paling terlihat pada kelas eksperimen adalah proses kognitif C4 dengan N-gain 0.67 kategori tinggi. Skor N-gain kelas kontrol pada proses kognitif C4 adalah 0.27 kategori rendah.