Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa pada Konsep Benda dan Sifatnya di Kelas IV SDN Bintaro 02
Main Author: | Eka Sukmawati |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada konsep benda dan sifatnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Penelitian ini dilakukan di SDN Bintaro 02. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelompok kontrol yang juga berjumlah 30 siswa. kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajarkan dengan metode eksperimen, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang diajarkan secara konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes. Berdasarkan analisis data dengan uji-t yang dilakukan pada taraf kepercayaan 95% menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa yang diajarkan dengan metode eksperimen diperoleh thitung 8,799 dan ttabel sebesar 2,000. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa