Pengelolaan Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah SMART Ekselensia Indonesia Boarding School Dompet Dhuafa

Main Author: Atik Rachmawati
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengelolaan Pusat Sumber Belajar (PSB) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di Sekolah SMART Ekselensia Indonesia Boarding School. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan teknik wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan PSB Dompet Dhuafa belum seluruhnya berjalan dengan optimal. Dari 4 prinsip pengelolaan PSB ada 3 prinsip yang sudah berjalan dengan baik, yakni prinsip pengelolaan sistem informasi sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini terlihat sudah diterapkannya kepada pengguna/konsumen internal maupun eksternal. Kemudian pengelolaan pelayanan sudah dilaksanakan dengan baik, karena sejak awal berdiri pada tahun 2004 PSB sudah memberikan kartu anggota dan pelaksanaan program-program terkait dengan pengembangan jaringan literasi baik bagi pengguna/konsumen internal mapun eksternal. Pada pengelolaan produksi juga sudah dilaksanakan dengan baik, hal ini dapat dilihat dari jumlah koleksi pustaka sebanyak 10716 koleksi. Sementara untuk prinsip pengelolaan pengembangan intruksional berjalan cukup baik dan harus dioptimalkan lagi pelaksanaannya, karena terdapat kelemahan dari segi perencanaan kurikulum. (2) PSB Dompet Dhuafa Pendidikan secara keseluruhan cukup membantu dalam meningkatkan prestasi belajar siswa SMART Ekselensia Indonesia baik akademik maupun non akademik. Hal ini dapat dilihat untuk prestasi akademik, pada persentase lulusan Sekolah SMART Ekselensia Indonesia lulus 95 persen ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN), rata-rata nilai ijazah dan rata-rata Ujian Sekolah (US) sudah cukup baik selama kurun waktu 3 tahun terakhir yakni pada periode 2014/2015 s/d 2016/2017, selain itu perolehan kejuaraan pada ajang olimpiade pada kurun waktu 3 tahun terakhir sudah cukup baik, yakni periode 2014/2015 s/d 2016/2017. Untuk prestasi non akademik sudah cukup baik, hal ini dilihat dari perolehan kejuaraan perlombaan dalam bidang ekstrakurikuler dan keterampilan ,yakni periode 2014/2015 s/d 2016/2017.