Identifikasi miskonsepsi siswa menggunakan Tes Diagnostik Four-Tier Digital Test (4TDT) berbasis website pada konsep suhu dan kalor
Main Author: | Evi Septiyani |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada siswa dalam konsep suhu dan kalor menggunakan tes diagnostik Four Tier Digital Test (4TDT) Berbasis Website. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Depok. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Waktu penelitian dilaksanakan pada 19 November 2018. Subjek penelitian ini adalah kelas XI MIPA SMA Negeri 5 Depok tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah sampel sebanyak 50 siswa yang diambil dari enam kelas menggunakan teknik Disproportionate Stratified Random Sampling. Instrumen yang digunakan merupakan instrumen tes berupa tes diagnostik empat tingkat (Four-Tier Test) yang disusun berdasarkan indikator pembelajaran kurikulum 2013 dan instrumen non tes berupa kuisioner siswa terhadap pengalamannya menggunakan website. Data penelitian diperoleh berdasarkan pola jawaban siswa pada soal Four Tier Digital Test (4TDT) Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi miskonsepsi secara keseluruhan sebesar 11,08%, paham konsep sebesar 45,69%, paham sebagian sebesar 33,54%, serta tidak paham konsep sebesar 8,54%.