Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) praktikum berbasis problem based learning untuk sma kelas xi pada konsep jaringan tumbuhan
Main Author: | Astri Nuryanti |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Praktikum Berbasis Problem Based Learning untuk SMA Kelas XI pada Konsep Jaringan Tumbuhan serta mengetahui respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan. LKPD Praktikum yang dikembangkan mencakup 3 kegiatan praktikum yaitu: 1) Jaringan Daun, 2) Jaringan Batang, 3) Jaringan Akar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu: Pendefinisian (Define), Perancangan ( Design), Pengembangan (Develop), dan Penyebaran (Disseminate). Namun, tahap Penyebaran (disseminate) tidak dilakukan. Pada tahap pengembangan dihasilkan LKPD yang telah divalidasi oleh 5 orang dosen, 5 orang guru biologi, dan 1 orang laboran. Pada tahap uji keterbacaan, LKPD yang telah divalidasi diuji pada 30 peserta didik kelas XI MIA 1 SMAN 47 Jakarta. Produk divalidasi berdasarkan aspek kelayakan isi, kegrafisan, bahasa, dan problem based learning sedangkan proses respon berdasarkan uji keterbacaan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD Praktikum yang dikembangkan berdasarkan validator pada LKPD 1, 2 dan 3 masing-masing memperoleh yaitu 81,13%, 81,23%, dan 81% termasuk dalam kriteria sangat layak. Sedangkan berdasarkan uji keterbacaan oleh peserta didik memperoleh rerata 95% termasuk dalam kriteria sangat layak. Sehingga, LKPD Praktikum yang telah dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaran Biologi di SMA.