Pengaruh Model Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia
Main Author: | Fitri Hanifa |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi kesetimbangan kimia. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 10 Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitian berjumlah masingmasing 33 orang siswa pada kelas kontrol maupun eksperimen. Sampel diambil dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tes essai sebanyak 11 butir soal. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,006 < 0,05 pada taraf signifikansi 5% maka H1 diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CPS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dapat membantu siswa dalam melatih dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa.