Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Sekolah Dasar

Main Author: Ziaratul Fadillah
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap pemahaman konsep pada siswa Sekolah Dasar. Pemahaman konsep mengacu kepada indikator pemahaman oleh Russefendi yaitu: translasi, interpretasi, dan ekstrapolasi. Penelitian ini dilaksanakan di MI Pembangunan UIN Jakarta pada bulan September 2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dan desain penelitian yang digunakan adalah Non-Equivalent Control Group Design. Desain ini tidak dipilih secara random namun pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sampel penelitian kelas II E (Kelas Eksperimen) berjumlah 28 siswa dan kelas II F (Kelas Kontrol) berjumlah 28 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan tes berupa uraian dan instrumen nontes berupa observasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji normalitas menggunakan uji Lilliefors dengan teknik Shapiro Wilk. Uji homogenitas dengan menggunakan One Way Anova. Kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan Independent Sample Ttest. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata 5% diperoleh nilai signifikansi 0,003 yang bernilai kurang dari α = 0,05 dan berdasarkan hasil perhitungan uji pengaruh dengan menggunakan effet size dengan nilai 0,42 maka disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berpengaruh terhadap pemahaman konsep siswa pada Sekolah Dasar.