Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Pada Konsep Sistem Sirkulasi
Main Author: | Fusna Khanifatuzikrillah |
---|---|
Format: | Bachelors |
Terbitan: |
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Subjects: |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan metakognitif peserta didik pada konsep sistem sirkulasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-November 2018 di SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling, dengan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA 5 berjumlah 39 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 4 berjumlah 39 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket keterampilan metakognitif yang diadaptasi dari Metacognitive Skills Scale oleh Mustafa AlTindag (2013) dan tes dalam bentuk pilihan ganda pada konsep sistem sirkulasi. Analisis data post-questionnaire keterampilan metakognitif menggunakan uji Mann Whitney (U). Hasil pengujian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan metakognitif peserta didik pada konsep sistem sirkulasi.