Pengaruh Kegiatan Tadarus al-Qur'an Pagi Terhadap Kemampuan Membaca al-Qur'an Siswa SMPN 66 Jakarta

Main Author: Alvino Tegar Prasetyo
Format: Bachelors
Terbitan: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan kegiatan tadarus al-Qur?an pagi di SMPN 66 Jakarta, dan mengetahui pengaruh kegiatan tadarus al-Qur?an pagi terhadap kemampuan membaca al-Qur?an siswa SMPN 66 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus-Nopember 2017 di SMPN 66 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yaitu Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian adalah angket dengan pilihan berganda dan tes kompetensi membaca al-Qur?an. Sedangkan teknik korelasi yang digunakan adalah product moment. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kegiatan tadarus pagi terhadap kemampuan membaca al-Qur?an siswa SMPN 66 Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung sebesar 0,251 dan masuk dalam kategori lemah atau rendah. Dengan nilai KD sebesar 6,3 %. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan namun rendah atau lemah antara kegiatan tadarus pagi terhadap kemampuan membaca al-Qur?an siswa SMPN 66 Jakarta.