تعليم المفردات باستخدام استراتيجية التعلم بالاكتشاف الموجه في تطوير مهارة الكتابة في مدرسة نور الأبرار المتوسطة الإسلامية فمارايان سيرانج
Main Author: | Enden Puazen |
---|---|
Format: | Masters |
Terbitan: |
FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta
|
Daftar Isi:
- banyak siswa bingung tentang pengorganisasian kata Arab yang sederhana, munculnya siswa merasa pengajaran menulis bahasa Arab adalah keterampilan yang sulit, serta munculnya strategi yang digunakan di sekolah yang tidak beragam dan siswa merasakan cara mendikte tes yang mendengarkan apa yang dibaca guru dan murid-murid menulis ketika guru memerintahkan untuk membosankan. Tujuan Penilitian ini adalah untuk mengungkap Aplikasi Pembelajaran Mufrodat dengan menggunakan strategi Discoveri Learning Terbingbing untuk meningkat kemampuan Menulis di sekolah ini, untuk mengetahui efektifitasnya, untuk mengetahui pendapat para siswa-siswi kelas 2 terhadap penggunaan strategi tersebut untuk meningkatkan kemampuan menulis, serta untuk menyelidiki sebab efektif atau tidak penggunaan strategi tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan analisis kuantitatif, populasi penelitian tahun ajaran 2019/2020 yaitu 230 siswa, sampel penelitian ini yaitu 70 yang terdiri dari 2 kelompok, yaitu kelas experiment 35 siswa dan kelas kontrol 35 siswa. Metode pengumpulan Data berupa: Observasi, Wawancara, Angket, pretest dan postest. Mengajar kosa kata menggunakan strategi pembelajaran penemuan dalam mengembangkan keterampilan menulis di sekolah ini efektif, karena hasil dari 2.429 menjadi lebih besar dari tt = tingkat signifikansi 5% sama dengan 1.667 dan tingkat signifikansi 1% sama dengan 2.382. Hasil dari ini adalah bahwa hipotesis nol ditolak, dan sebaliknya diterima. Karena kelompok pertama adalah siswa yang belajar kosa kata dengan menggunakan strategi pembelajaran penemuan terbimbing dalam mengembangkan kemampuan menulis hasil terbaik mereka dari kelompok kedua adalah siswa yang belajar kosa kata tanpa menggunakan strategi pembelajaran penemuan terbimbing. Peneliti percaya bahwa pengajaran kosakata menggunakan strategi pembelajaran penemuan bertarget dalam mengembangkan kemampuan menulis memiliki dampak signifikan pada peningkatan kemampuan siswa untuk menulis.