Persepsi Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Di Kabupaten Karawang

Main Author: Nadi Sunardi
Format: Journal
Terbitan: Program studi pendidikan IPS fakultas pasca sarjana universitas indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui: Pengaruh Persepsi Siswa Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar secara bersama bersama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik analisis regresi linier berganda. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 84 siswa. Hasil penelitian menunjukan: Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 45,281. Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa Atas Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,009. Terdapat pengaruh yang signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, siswa SMA Negeri di Kabupaten Karawang. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 4,478.