Persepsi Siswa Atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa SMP Negeri di Jakarta Barat

Main Author: Arlin Nursheilaroyce
Format: Journal
Terbitan: Program studi pendidikan IPS fakultas pasca sarjana universitas indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian untuk mengetahui: 1) Pengaruh persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar PPKn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. 2) Pengaruh persepsi siswa atas kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar PPKn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. 3) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PPKn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah survei dengan menggunakan teknik analisis korelasional dan regresi linier berganda. Dengan sampel berjumlah 70 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa atas Kompetensi Pedagogik Guru dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar PPkn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 189,701. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Persepsi Siswa atas Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar PPKn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,166. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PPKn siswa SMP Negeri di Jakarta Barat. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. = 0,002 < 0,05 dan thitung = 3,299.