Analisis Dan Implementasi Metode Earliest Due Date (EDD) Untuk Meminimalisir Keterlambatan Dalam Proses Penjadwalan Perbaikan Kendaraan

Main Author: Muhamad Femy Mulya
Format: Journal
Terbitan: Pusat Penelitian Teknik, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam LPPM Universitas Indraprasta PGRI
Subjects:
Daftar Isi:
  • Penjadwalan layanan perbaikan kendaran yang dilakukan oleh sebagian besar perusahaan otomotif masih belum efektif dan masih menggunakan proses konvensional dengan melakukan perhitungan berdasarkan subjektif karyawan tanpa menggunakan suatu metode penjadwalan tertentu. Permasalahan yang terjadi pada sebagian besar perusahaan otomotif yaitu adanya keterlambatan dalam penyelesaian perbaikan kendaraan customer sehingga sering melewati batas waktu perjanjian penyelesaian kendaraan customer. Permasalahan keterlambatan tersebut terjadi karena belum menggunakan suatu metode penjadwalan tertentu sehingga belum adanya penentuan pekerjaan yang diprioritaskan. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu metode aturan prioritas yaitu dengan menggunakan metode Earliest Due Date (EDD). Metode ini menjalankan pekerjaan yang memiliki due date yang masih lama setelah pekerjaan dengan due date yang sudah mendekati perjanjian dengan customer. Data yang digunakan merupakan data dari salah satu perusahaan otomotif periode bulan Juni 2020 dengan parameter stall (tempat untuk kendaraan yang diperbaiki) yang digunakan untuk setiap harinya selalu konstan sebanyak 2 stall. Dari hasil perhitungan, menunjukkan bahwa Metode Earliest Due Date (EDD) membantu dalam mengurangi keterlambatan pekerjaan perbaikan kendaraan sehingga dapat meminimalisir kerterlambatan dalam proses penjadwalan perbaikan kendaraan.