Tingkat Kesejahteraan Keluarga Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar

Main Author: Vivi Ibriyanti
Format: Journal
Terbitan: Program studi pendidikan IPS fakultas pasca sarjana universitas indraprasta PGR
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui: 1) Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Keluarga dan Kecerdasan Emosional secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. 2) Pengaruh Tingkat Kesejahteraan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. 3) Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Kabupaten Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik analisis korelasi dan regresi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Jayanti Kabupaten Tangerang, SMP Negeri 2 Jayanti Kabupaten Tangerang, dan SMP Negeri 1 Balaraja Kabupaten Tangerang yang berjumlah 600 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 35,208. 2) Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,713. 3) Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,959.