Hierarki Pengaruh dalam Pemberitaan Ulama di Pilpres 2019: Analisis Kumpulan Berita pada Keyword: ?Ulama, Pilpres2019? di CNNIndonesia.com

Main Author: Eka Ade Lestari
Format: Masters
Terbitan: Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Daftar Isi:
  • Coverage of Ulama in 2019 Presidential Election on CNNIndonesia.com does not only involve KH. Ma'ruf Amin as Jokowi's partner, but the involvement of a number of other Ulama who occupy the success team or full support either Jokowi - Ma'ruf Amin or even Prabowo - Sandi, whose support has an impact on the wider community. But the content of the Ulama news on the CNNIndonesia.com portal seems to be practicing the news that has been affected. Based on this, a major question arises; What are the inside and outside factors that influence the preaching of the Ulema in the 2019 Presidential Election in a collection of news on the keyword: "Ulama, Pilpres2019" on CNNIndonesia.com? While the minor question is what are the elements that influence the content of the message? The main theory used in this study is the Hierarchy Theory of Influence of Media Content by Pamela J. Shoemaker and Stephen D. Reese; This theory says that the content of a media coverage is influenced by five levels, namely individual level, media routines level, organizational level, extramedia level, and ideological level. This study found that the coverage of Ulama in the 2019 Presidential Election had been influenced by various elements in the Hierarchy Theory of Influence of Media Content. The inside element; First, the individual level was found that the educational background and religion of journalists became one of the influences. Second, the media routines level is found in the intensity of the news source taken, while the outside element is the extramedia level also found in the source. As a reflection, CNNIndonesia.com constructed the coverage of Ulama in the Presidential Election based on the elements that reported it. So that the media is valued not only as a means of providing information alone, but also increases the function of the media as a tool of other interests. Key words:Ulama in 2019 Presidential Election, CNNIndonesia.com, Hierarchy of Media Content Influence ii ABSTRAK Pemberitaan Ulama dalam Pilpres 2019 di CNNIndonesia.com tidak hanya melibatkan KH. Ma'ruf Amin sebagai pasangan Jokowi, melainkan keterlibatan sejumlah Ulama lain yang menduduki bagian tim sukses ataupun pendukung penuh baik Jokowi - Ma'ruf Amin atau pun Prabowo - Sandi, yang mana dukungannya memiliki dampak bagi masyarakat luas. Tetapi isi pemberitaan Ulama pada portal CNNIndonesia.com terlihat mempraktikkan pemberitaan yang sudah terpengaruh. Berdasarkan hal ini maka muncul pertanyaan mayor; faktor inside dan outside apa saja-kah yang mempengaruhi pemberitaan Ulama di Pilpres 2019 dalam kumpulan berita pada keyword: ―Ulama, Pilpres2019‖ di CNNIndonesia.com? Sedangkan pertanyaan minornya adalah apa saja unsur-unsur yang memengaruhi isi pemberitaannya? Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Hierarki Pengaruh Isi Media oleh Pamela J. Shoemaker dan Stephen D. Reese;. Teori ini mengatakan bahwa isi pemberitaan suatu media dipengaruhi oleh lima level, yaitu individual level, media routines level, organizational level, extramedia level, dan ideological level. Penelitian ini menemukan bahwa pemberitaan tentang Ulama di Pilpres 2019 telah dipengaruhi berbagai unsur dalam Teori Hierarki Pengaruh Isi Media.Unsur inside; pertama, individual level ditemukan bahwa latar belakang pendidikan dan agama jurnalis menjadi salah satu pengaruh. Kedua, media routines level ditemukan pada intensitas sumber berita yang diambil, sedangkan unsur outside-nya adalah extramedia level juga ditemukan pada narasumbernya. Sebagai refleksi, CNNIndonesia.com mengkonstruksi pemberitaan Ulama di Pilpres berdasarkan unsur yang memberitakannya. Sehingga media dinilai bukan hanya sebagai sarana penyedia informasi semata, tetapi media juga bertambah fungsi sebagai alat kepentingan lain. Kata Kunci: Ulama di Pilpres 2019, CNNIndonesia.com, Hierarki Pengaruh Isi Media